Latest Post

Konflik Agama dan Krisis Intoleransi: Tantangan atau Mimpi Buruk Keberagaman Indonesia?

Agama merupakan salah satu komponen penting bagi masyarakat Indonesia. Slogan “Ketuhanan yang Maha Esa” menjadi salah satu bagian dalam Pancasila. Agama dan masyarakat Indonesia bagaikan dua sisi “mata uang” yang tidak dapat dipisahkan. Indonesia menjadi negara yang paling religius di Asia Pasifik dengan lebih dari 83% penduduk Indonesia meyakini bahwa agama merupakan suatu hal yang penting. Peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa dengan rata-rata 30% penduduk yang mengganggap agama merupakan komponen yang penting

Dinamika Reunifikasi Semenanjung Korea

Perang Korea yang terjadi pada 25 Juni 1950 telah menjadi sejarah yang cukup mengerikan bagi warga Korea. Peristiwa tersebut berawal dari kekaisaran Korea yang dibagi menjadi dua dibawah kekuasaan Jepang yang menjajah Korea pada saat itu. Hingga pada Perang Dunia II tahun 1945, Jepang pun mengalami kekalahan, wilayah Korea kala itu langsung di intervensi oleh Amerika Serikat yang liberal di bagian Korea Selatan dan Uni Soviet komunis di bagian Korea Utara. Kedua negara Superpower pada masa tersebut kemudian mengintervensi kedua wilayah Korea demi kepentingan ideologi mereka.

Covid-19 Momen Penerapan Habitus Self Learning Kejar Ketinggalan Pendidikan 128 Tahun

Pandemi Corona berdampak ke semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Memimpikan masa depan pendidikan tanpa terbatas oleh ruang memang indah, dan pandemi ini seolah mendorong hal tersebut mendekati kenyataan. Bahkan Menteri Pendidikan menyatakan sistem pembelajaran jarak jauh akan diterapkan secara permanen. Habitus Self Learning memang harus mulai dibangun di Indonesia, bahwa orang dapat belajar dimana saja dan kapan saja.

Slogan “Defund the Police” dan Upaya Reprioritisasi Anggaran Pemerintah Amerika Serikat

Gerakan aksi protes beberapa hari terakhir marak terjadi di Amerika Serikat. Gerakan protes tersebut muncul sebagai upaya segenap masyarakat Amerika Serikat mendorong pemerintah serta penegak hukum setempat untuk memberlakukan hukuman serta sanksi yang tegas kepada pelaku tindak rasisme, yang mana seperti diketahui, merupakan persoalan yang masih kerap muncul di negara tersebut.

The War Needs to Stop!

Iran dan Amerika merupakan dua negara yang sering “berantem” sejak masa Revolusi Iran pada tahun 1979. Hingga saat ini, Iran serta Amerika tidak bisa menemukan jalan tengah untuk damai. Kedua negara kerap kali saling membalas tindakan dari masing-masing negara, dari secara diplomatik hingga ke serangan militer.

(PRESS RELEASE) Survei Fenomena Pencalonan Keluarga Pejabat pada Pilkada 2020

Dalam dua minggu terakhir ramai diberitakan di media terkait keluarga pejabat negara yang turut mencalonkan diri dalam Pilkada 2020. Praktik ini semakin ramai diperbincangkan karena tak sedikit keluarga pejabat yang mencalonkan diri pada Pilkada 2020 di berbagai daerah. Sejumlah nama keluarga petinggi negara muncul, sebut saja putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai calon walikota Solo. Tak cukup putranya, menantu Presiden, Bobby Nasution juga turut terjun dalam kontestasi di Pilkada Medan.

google-site-verification=8N5TxWSBBIhu3nYT0oYVHkVyJSPdKuOpQNM5nHBjYg4